Ciptakan Supermarket CyberCrime, Remaja Inggris Diringkus Polisi


LONDON (Berita SuaraMedia) - Pengadilan Southwark Crown menjatuhkan hukuman kurungan selama 5 tahun kepada Nicholas Webber setelah ia mengakui menjadi admin di sebuah forum kejahatan online.
Forum kejahatan online yang dijalankan oleh Webber adalah GhostMarket.net.

Anggota forum lainnya yang masih berusia muda juga ikut dijatuhi hukuman. Demikian seperti yang diberitakan CBR Online, Jumat (4/3/2011).

Forum kejahatan online yang dikelola oleh para remaja tersebut disebut oleh pengadilan sebagai 'Crimebook'.

Webber masih berusia 19 tahun. Hakim John Price memperingatkan kalau hukumannya akan lebih berat lagi jika Webb dan temannya berusia lebih tua lagi.

“Ini adalah perusahaan kriminal canggih menawarkan nasihat cara membajak komputer yang menyebabkannya tak berfungsi dan mengambil informasi pribadi komputer yang dibajak serta cara melakukannya dalam skala besar”.


"Kalian semua masih muda, dan itu masuk pertimbangan saya. Jika kalian berusia lebih tua, maka hukumannya akan lebih lama lagi,"

Menurut pihak kepolisian, forum kejahatan online menawarkan beragam hal untuk memfasilitasi kejahatan termasuk data kartu kredit curian dan rincian pribadi, juga panduan untuk pembajakan.

Polisi mengatakan kalau mereka menemukan 132,073 nomor kartu kredit curian, yang merugikan masyarakat sebesar 12-20 juta Euro (Rp172-286 miliar) dari individu dan bank yang sedang beroperasi. Jaksa menggambarkan situs itu sebagai ‘supermarket’ bagi para penjahat cyber yang bertindak sebagai titik perdagangan barang-barang curian.

Webber dipercaya telah menghasilkan sekira 40 ribu Euro dari website tersebut. Bagaimanapun, pengacara dari Webber mengklaim kalau situs kliennya hanya untuk mencari perhatian dan bukan untuk menghasilkan uang.

Pemuda lainnya yang juga dihukum adalah Ryan Thomas (18), Gary Paul Kelly (21), Shakira Ricardo (21) dan Samantha Worley (22). (ar/ok/inl) www.suaramedia.com

No comments:

Post a Comment

komentar